Indonesia sebagai negara yang berkembang perekonomiannya memahami bahwa anak merupakan generasi penerus dan potensi bangsa. Oleh sebab itu Indonesia ikut meratifikasi Konvensi Hak Anak melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 yang termaktub di dalamnya berkewajiban untuk membuat langkah – langkah konkrit yang harus dilakukan orang tua, keluarga, bangsa dan negara untuk mempromosikan, melindungi, memenuhi dan menghormati hak – hak anak.
 
Kota Malang sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki intensitas pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan membutuhkan pembangunan berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang segala aktivitas dan kebutuhan yang layak anak. Salah satunya dengan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kota Malang, dengan mengadakan Penataan Fasilitas Umum dengan tujuan dapat meningkatkan dan menjaga kualitasnya yang pada akhirnya dapat meningkatkan kondisi Kota Malang sebagai sebuah kota yang layak anak. 
 
Kelurahan Balearjosari sebagai salah satu wilayah di Kota Malang memiliki konsentrasi dalam Penataan Fasilitas Umum yang berfokus pada Taman Ramah Anak.
Maka melalui Dana APBD Tahun Anggaran 2018 Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang Bidang Pertamanan mengadakan Pelayanan Jasa Konsultansi untuk kegiatan Jasa Konsultansi Penyusunan Perencanaan dan Pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kelurahan Balearjosari.
 
Bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang dan PT. Nuphidama Graha, PT. Ystudio Mandiri Berkarya menyusun Perencanaan dan Pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kelurahan Balearjosari Kota Malang.
 
Tim Perencana:
Arie Jatmiko, ST. – Team Leader
Erman Widianto, IAI – Arsitek
Yessy Carpina Dewi, ST., MT. – Asisten Arsitek
Teguh Sanjaya, ST. – 3D Presentation
AM – Estimator
Risky Swandani – Surveyor